0821-3437-2548 etcindonesia7@gmail.com

Mata uang Dolar Australia naik saat sesi Asia hari Kamis (8/10) dan mampu mengalahkan Dolar AS dengan baik. Penguatan itu telah berhasil membawa pasangan mata uang AUDUSD hari ini untuk melompat menuju ke nilai tukar 0.7138. Sehingga mampu menghapuskan beberapa pelemahan yang terjadis ebelumnya yang memmabwa apsangan terjun ke 0,7122. Kenaikkan terjadi mengabaikan nada hati-hati di pasar keuangan ketika ada cara debat calon wakil Presiden AS.

Kamala Harris yang merupakan pasangan dari Joe Biden berhasil memberikan aksi yang baik melawan Mike Pence wakil dari Trump. Walaupun begitu, banyak yang khawatir bahwa vaksin virus Corona akan mengalami penundaan dan penghambat optimisme perekonomian. Hal ini seperti apa yang disampaikan oleh RBNZ dan juga BoJ. Masalah ini akan membatasi Dolar Australia naik dan membuatnya tetap terbatas.

Sementara itu sebelumnya Trump juga mengatakan cukup sempurna dan menekan lawan politik yang menyebabkan jadwal vaksin menjadi mundur. Lalu pemerintah AS juga sedang dalam pertimbangan menerima balasan proposal stimulus dari Demokrat tapi jika mereka mau senada dengan apa yang dilakukan oleh Republik.

Faktor yang membantu Dolar Australia naik mungkin datang dari keputusan pemerintah Jepang. Diputuskan bahwa Tokyo menghapuskan larangan perjalanan untuk 12 negara termasuk diantaranya adalah China. Namun tarif pada produk baja dari Uni Eropa bagi China, Indonesia dan Taiwan akan membatasi kenaikan risiko.

AUDUSD yang naik saat ini senada dengan arah sebagian besar aset berisiko global. Kontrak berjangka S&P 500 mampu berkinerja sangat baik naik 0,35%. Kemudian ASX 200 juga bergerak sangat baik karena risk on mencatatkan kenaikan 1,15%. Fokus AUDUSD selanjutnya akan tertuju pada debat tersebut dan data klaim pengangguran AS dalam sepekan.