0821-3437-2548 etcindonesia7@gmail.com
walstreet

Pembukaan  cenderung menguat di pertenggahan pekan ini. Tapi, Nasdaq Composite justru tertekan pada hari ini.

Rabu (2/9) waktu setempat, Dow Jones Industrial Average menguat 0,54% ke 28796. Sedangkan S&P 500 menanjak 0,30% ke 3537. Nasdaq Composite melemah 0,09% ke 11928.

Rekrutmen tenaga kerja perusahaan swasta bulan Agustus mencapai 428.000. Data dari ADP National Employment ini jauh lebih rendah dari perkiraan para ekonom di angka 950.000. Laporan ini sedikit meredakan optimisme pasar yang ditopang oleh perbaikan indeks manufaktur.

Data ketenagakerjaan Amerika Serikat (AS) yang lebih komprehensif akan dirilis pada Jumat pekan ini. “Pasar saham masih melihat hal yang positif dan tidak menghiraukan hal-hal negatif,” kata Chris Beauchamp, chief market analyst IG kepeada Reuters.

Dia mengatakan, sangat aneh melihat pasar saham yang positif ketika pandemi belum menurun. “Dampak ekonomi baru dirasakan dan masih ada pemilihan presiden dalam beberapa pekan kedepan,” imbuh dia.

Sementara itu, harga minyak menguat di tengah penurunan persediaan minyak mentah di AS. Harga minyak melanjutkan relinya yang naik dalam tiga hari berturut-turut juga ditopang oleh perbaikan indeks manufaktur.

American Petroleum Institute (API) melaporkan bahwa persediaan minyak mentah AS turun 6,4 juta barel pekan lalu. “Pasar minyak terdongkrak oleh optimisme meski ini bisa tumbang sewaktu-waktu,” kata Stephen Brennock.